Jumat, 20 Maret 2015

10 Binatang Terbesar Sepanjang Masa Berdasarkan Tipenya (bagian 1)

1. Serangga Terbang Terbesar Sepanjang Masa



Fosil Meganeuropsis Permiana ditemukan pertama kali pada tahun 1937 di Elmo, Kansas. Hewan ini merupakan serangga terbang terbesar sepanjang masa dan hidup 300 juta tahun yang lalu.




Panjang: 43cm
Bentangan sayap: 70cm
Berat: 0.5 kg


2. Anthropod Terbesar Sepanjang Masa




Arthropleura (dalam bahasa yunani berarti sendi tulang rusuk) memiliki ukuran relatif panjang untuk seekor kelabang, hidup pada zaman Karbon keatas (340-280 juta tahun yang lalu) ditempat dimana sekarang merupakan daratan Amerika Utara dan Skotlandia. Hewan ini diketahui sebagai invertebrata darat terbesar sepanjang masa.



Panjang: 2.5 m
Berat: 500 kg


3. Ular Terbesar Sepanjang Masa




Titanoboa yang berarti "boa titanic", adalah genus ular yang hidup sekitar 60-58 juta tahun yang lalu, selama zaman Paleosen, 10 juta tahun setelah peristiwa kepunahan dinosaurus. Dan spesies yang terkenal adalah Titanoboa Cerrejonensis yang merupakan ular terbesar, terpanjang, dan terberat yang pernah hidup dan menggantikan pemegang rekor sebelumnya, Gigantophis.




Panjang: 15 meter
Diameter: 1 meter


4. Predator Darat Terbesar Sepanjang Masa




Spinosaurus (berarti "kadal bersirip") adalah sebuah genus dinosaurus theropoda yang pernah tinggal di tempat yang sekarang merupakan Afrika Utara, hidup pada zaman Cretaceous, sekitar 112 - 97 juta tahun yang lalu.




Panjang: 18 meter
Berat: 9 ton


5. Ikan Bertulang Rawan & Predator Air Terbesar Sepanjang Masa




C. Megalodon dianggap sebagai salah satu predator terbesar dan paling kuat dalam sejarah vertebrata, Megalodon adalah spesies ikan hiu purba raksasa yang hidup sekitar 28 hingga 1,5 juta tahun lalu. Hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti "gigi yang besar", Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.



Panjang: 20 meter
Berat: 103 ton


(bersambung ke bagian ke dua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar