Kamis, 18 Desember 2014

7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa


Pulau Jawa dilewati oleh pegunungan Sirkum Mediterania. Ini membuat pulau Jawa memiliki banyak gunung, mulai dari ujung barat hingga timur pulau Jawa. Tidak kurang dari puluhan gunung mendiami pulau ini.


Dari 6 provinsi di pulau Jawa, hanya provinsi DKI Jakarta saja yang tidak memiliki gunung. Selebihnya, mulai Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur semuanya memiliki gunung.
Dari puluhan gunung tersebut, gunung Semeru lah yang menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Namun di samping gunung Semeru, marilah kita kenali enam gunung lainnya yang menempati urutan selanjutnya sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa.

1. Gunung Semeru, Jawa Timur, 3.676 meter dpl

Gunung Semeru
Gunung Semeru
Gunung Semeru atau Sumeru dan dikenal dengan puncaknya, Puncak Mahameru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa sekaligus gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.676 meter dpl. Gunung yang masuk wilayah kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur ini berada di kordinat 8°06′ LS dan 120°55′ BT. Bersama Gunung Bromo dan Tengger membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Dengan statusnya sebagai gunung tertinggi dan memiliki pemandangan yang indah tidak mengherankan gunung Semeru menjadi gunung favorit para pendaki gunung.

2. Gunung Slamet, Jawa Tengah, 3.428 meter dpl

Taman Nasional
Gunung Slamet
Gunung tertinggi kedua adalah gunung Selamet dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Pun menjadikan gunung Slamet sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung berapi ini masuk dalam wilayah kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dengan posisi astronomis di koordinat 7° 14′ 30″ LS dan 109° 12′ 30″ BT.

3. Gunung Sumbing, Jawa Tengah, 3.371 meter dpl

Gunung Sumbing
Gunung Sumbing
Dalam urutan ketiga gunung tertinggi di Jawa adalah gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 meter dpl. Gunung berapi dengan tipe stratovolcano ini terdapat di kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo, Jawa Tengah. Secara astronomi berada pada koordinat 7° 23′ 2.4″ LS110° 4′ 12″ BT.

4. Gunung Arjuno, Jawa Timur, 3.339 meter dpl

Gunung Arjuno
Gunung Arjuno
Gunung Arjuno menempati urutan keempat dari 9 gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3.339 meter dpl. Gunung Arjuno atau ditulis juga Arjuna, merupakan gunung berapi dengan tipe stratovolcano. Terletak di wilayah Malang, Jawa Timur pada koordinat 07° 43′ 30″ LS dan 112° 35′ 0″ BT.
Di gunung Arjuno terdapat salah satu Taman Hutan Raya (Tahura) Indonesia yaitu Taman Hutan Raya R. Suryo. Gunung Arjuno juga bersebalahan dengan gunung Welirang (3.156 meter dpl) yang juga salah satu dari 10 gunung tertinggi di pulau Jawa.

5. Gunung Raung, Jawa Timur, 3.332 meter dpl

Puncak Gunung Raung
Puncak Gunung Raung
Urutan tertinggi kelima ditempati oleh gunung Raung. Gunung dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut ini berada di ujung timur pulau Jawa, tepatnya dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Titik koordinatnya adalah 08° 07′ 30″ LS dan 114° 02′ 30″ BT.

6. Gunung Lawu, Jawa Tengah dan Jawa Timur, 3.265 meter dpl

Hargo Dumilah, tugu di puncak gunung Lawu
Hargo Dumilah, tugu di puncak Gunung Lawu
Gunung paling tinggi nomor enam adalah gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 meter dpl. Gunung Lawu terletak di koordinat 111° 11′ 39″ LS dan 07° 37′ 37″ BT. Secara geografis terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang meliputi kabupaten Karanganyar, Wonogiri, Magetan, Ngawi.
Gunung dengan puncak tertingginya, Hargo Dumilah, terkenal dengan beberapa obyek wisatanya seperti Tawangmangu, Cemorosewu, dan Telaga Sarangan. Gunung ini dikategorikan sebagai gunung dorman (gunung tidur), yaitu gunung api yang telah lama tidak menunjukkan aktivitas.

7. Gunung Welirang, Jawa Timur, 3.156 meter dpl

Gunung Welirang
Gunung Welirang
Gunung tertinggi ketujuh adalah gunung Welirang atau Walirang. Tingginya mencapai 3.156 meter di atas permukaan laut. Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Arjuno ini secara geografis terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Koordinatnya 7° 45′ 43″ LS dan 112° 35′ 18″ BT
sumber : alamendah.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar